Alasan Mengapa Keluarnya Luis Enrique Baik Untuk Barcelona

Terdapat beberapa alasan masuk akal hengkangnya Luis Enrique merupakan alasan yang tepat, simak selengkapnya dibawah ini.

Setelah meraih banyak gelar kemenangan bersama Barcelona, Luis Enrique akhirnya memutuskan untuk meninggalkan jabatan sebagai pelatih Blaugrana pada akhir musim ini. ia mengatakan bahwa ia  tidak akan berada di Barcelona mulai musim depan. Tidak dapat  diragukan lagi Enrique telah menjadi manajer yang sangat sukses. Ia telah memenangkan sebanyak delapan gelar dalam waktu tiga tahun di klub Catalan tersebut, yang terdiri dari dua gelar La Liga dan Liga Champions, sesuatu yang sulit diraih agen bola. Tapi nampaknya selalu ada anggapan bahwa bukan Enrique yang berjasa, tapi para pemain Barcelona yang sangat berpengaruh dalam meraih trofi. Jadi,

berikut ulasan alasan mengapa keluarnya luis enrique baik untuk barcelona

Perencanaan yang buruk dan kesalahan taktis

Barcelona memulai musimnya dengan Gerard Pique, Jeremy Mathieu, Marc Bartra dan Thomas Vermaelen sebagai bek tengah mereka. Setelah itu, Enrique punya Samuel Umtiti dan membiarkan Thomas pergi dengan status pinjaman serta menjual Marc. Tidak hanya itu, sang pelatih hanya mempunyai Sergi Roberto sebagai satu-satunya cadangan untuk Alexis Vidal dan semua tahu bagaimana hasil dari keputusan itu.

Dalam kurun  waktu selama tiga tahun di Barcelona, Enrique belum pernah mengubah formasi 4-3-3. Dia  bermain bersama Andre Gomes pada pusat lini tengah ketika Sergio Busquets dan Javier Mascherano cedera, tanpa memiliki pendamping untuk pemain itu. Soal kekayaan strategi, Luis Enrique kerap dipertanyakan kapasitasnya.

Situasi kontrak Lionel Messi

Salah satu penimbul citra buruk sang pelatih dikarenakan situasi kontrak Lionel Messi yang telah menjadi topik para pembicara selama enam bulan terakhir. Ada beberapa isu yang berkembang di sekitarnya. salah satu rumor yang populer adalah, sang bintang belum menadatangani kontrak dikarenakan keberadaan Luis Enrique.

Messi telahpun dikabarkan tak senang dengan taktik tim dan yang dirancang oleh sang pelatih, kepastian hengkangnya Luis Enrique kemungkinan bisa mempercepat perpanjangan kontrak Messi. Bagi Barcelona, melakukan hal yang diinginkan Lionel Messi merupakan tindakan yang paling bijak.

Kegiatan transfer yang buruk

Terlepas dari Luis Suarez dan Ivan Rakitic, berikut merupakan daftar pemain yang didatangkan oleh Luis Enrique untuk Barcelona Douglas, Claudio Bravo, Marc-Andre ter Stegen, Jeremymy Mathieu, Aleix Vidal, Arda Turan, Denis Suarez, Jasper Cillessen, Lucas Digne, Samuel Umtiti, Paco Alcacer dan Andre Gomes. Namun hanya Umtiti dan ter Stegen  sajalah yang mampu menunjukkan performa konsisten dan menjadi pilihan pertama yang tak diragukan di posisi mereka.

Luis Enrique bahkan tidak mampu menyelesaikan masalah pertahanan timnya meski mendapat keleluasaan dengan mendatangkan pemain baru. Kegagalannya merekrut lebih banyak pemain sisi kanan menjadi salah satu kesalahan fatal yang membuat peluang Barcelona bertahan di Liga Champions musim ini hampir saja pupus.

Hilangnya permainan khas Barcelona

Saat  Pep Guardiola menjadi pelatih Barcelona, ia menggunakan gaya bermain saat dilapangan yang khas Barcelona yaitu umpan-umpan pendek, terus mempertahankan penguasaan bola dan menekan lawan tanpa berhenti. Saat Guardiola pergi, gaya penguasaan bola Barcelona tetap bisa bertahan, namun hampir segala sesuatu yang lain telah hilang. Di bawah pelatih Luis Enrique, satu-satunya hal yang cukup dilakukan pemainnya adalah secepat mungkin mengirim bola kepada  Luis Suarez, Lionel Messi, dan juga neymar

Tidak ada kepercayaan kepada lulusan La Masia

Sejak kedatangannya, tidak satu pun dari lulusan La Masia yang mampu berbuat banyak di tim togel singapore pertama. Memang, Rafinha dan Sergi Roberto sering mendapatkan kesempatan untuk bermain, tapi keberadaan mereka tidak imabang didalam tim.