Liga Super Cina ‘Mengancam’ Liga Primer Inggris

Perkembangan Liga Super Cina semakin pesat dan mereka juga mulai mengimpor para pemain dengan nama besar dari Liga Primer Inggris. Ini mengkhawatirkan.

Apa yang tidak bisa dilakukan oleh Cina? Mereka bukan hanya ahli di bidang ‘meniru’ melainkan juga mengambil alih. Bukan hanya tentang perangkat elektronik seperti Smartphone saja yang sedang booming, melainkan juga dunia sepakbola Cina yang terus meningkat dan sekarang mengancam Liga Primer Inggris. Arsene Wenger bahkan mengungkapkan kekhawatirannya seiring semakin banyak pemain yang pindah di Liga Super Cina dengan iming-iming imbalan dana yang besar.

Arsene Wenger khawatir akan Liga Super Cina

Arsene Wenger berpikir pemain top dewa poker harus memiliki tujuan untuk bermain di liga dengan standar yang lebih baik daripada mengambil uang dan melangkah ke Cina. Arsene Wenger mengharapkan sisa dari nama besar pemain sepak bola tetap berada di Eropa meskipun ia tetap khawatir dengan munculnya Liga Super Cina yang terus mendapatkan perhatian dan terus menyedot para pemain dengan nama besar.

Manajer Arsenal tersebut mengakui bahwa ia khawatir karena upah besar yang ditawarkan untuk pemain dari klub-klub di kompetisi Asia yang berkembang bisa menjadi patokan untuk para pemain berbakat di Liga Premier. Sebagai contoh, klub Tianjin Quanjian siap untuk memberikan striker Chelsea Diego Costa gaji sebesar £ 30 juta setahun untuk pindah ke Cina pada jendela transfer ini.

Pemberlakuan aturan baru oleh FA Cina membatasi jumlah pemain asing di sana dan mengatur untuk lebih menekankan pada investasi dalam pembangunan pemuda yang mungkin akan memperlambat masuknya para pemain asing untuk saat ini. Hanya saja, Wenger memahami ancaman yang ada untuk klub terkemuka di Inggris, oleh sebab itu pihak klubnya termasuk klub lain terlihat untuk mencegah minat pemain terbaik mereka.

Dia mengatakan jika jumlah yang dikeluarkan oleh klub Cina berbahaya. Ya, apa yang ditawarkan Cina bisa menjadi patokan untuk para pemain bola di Eropa dan ia mengatakan jika Eropa tidak bisa bersaing dengan hal semacam itu. Tapi ia masih berpikir bahwa pesepakbola seharusnya memikirkan yang penting dan yang menjadi prioritas bahwa mereka, pemain bola, ingin bermain melawan pemain terbaik di tim terbaik.

Apapun Bisa Terjadi, Eropa Harus Siap

Menurut Wenger, hal semacam ini sudah pernah terjadi sebelumnya di klub-klub di Eropa memang khawatir. Hal yang sama juga terjadi ketika Anda berada di sebuah klub yang lebih kecil. Ya, kadang-kadang klub memiliki waku di mana mereka tidak bisa bersaing secara finansial dengan klub-klub besar yang mengambil pemain mereka. Itu juga bisa terjadi di dalam Liga Primer Inggris.

Wenger menegaskan bahwa ketika seseorang ingin menjadi pemain sepak bola yang terbaik maka aspirasi pertama mereka adalah untuk bermain di liga terbaik, melawan pemain terbaik. Itu harus menjadi target pertama para pemain. Wenger menambakan jika yang ada di Inggris saat ini adalah yang terbaik untuk para pemain sehingga ia tidak habis pikir kenapa pemain harus meninggalkan Liga Primer?

Tapi di akui jika Cina telah berkembang dan bergerak maju. Mereka mencoba untuk mempromosikan sepak bola mereka. Wenger senang jika sepak bola menjadi sangat populer di Cina, tapi ia tetap memiliki harapan agar para pemain dengan nama besar untuk tetap tinggal di Eropa. Namun, apapun tentu bisa terjadi dan untuk hal ini, Eropa harus siap.

Paling tidak, sudah ada beberapa pemain yang hijrah ke Cina seperti Oscar, John Obi Mikel yang meninggalkan Chelsea untuk bermain di China. Ada juga Carlos Tevez yang bermain taruhan bola untuk Shanghai Shenhua. Sebelumnya juga dikabarkan jika Payet telah ditawar untuk ke China tapi ia menolaknya.